Follow Me

Monday, August 27, 2012

Selamat berlibur Lebaran2

http://sphotos.ak.fbcdn.net/photos-ak-snc1/v2630/86/89/684503639/n684503639_1545325_6932484.jpg
Wihhh..pasti ini di New Zealand, atau lokasi shooting Lord of the rings??
ho ho ho..ini masih di indonesia, beberapa sudut indah dari gunung Bromo



http://cdn-u.kaskus.us/7/v7rdil0l.jpg
Berasa di Hongkong ???? hehehe..CBD PLUIT Jakarta ini.



http://cdn-u.kaskus.us/7/wuxlkh8f.jpg
lupakan sepeda motor itu, berasa di jalanan eropa ya ?? ini masih di indonesia..Danau Singkarak/Sumatra/indonesia



http://cdn-u.kaskus.us/7/oqfdvyzq.jpg
http://cdn-u.kaskus.us/7/j2wrjnta.jpg
Australia atau new zealand ??? huexxx...ini kan di danau toba..asli made in indonesia...



http://cdn-u.kaskus.us/7/o2k1s38e.jpg
masukkan jerapah, kuda nil, singa, hayena jadilah Serenggeti taman nasional afrika selatan ??? hahahaha... http://static.kaskus.us/images/smilies/ngakak.gifini masih di indonesia Taman Nasional Baluran di daerah jawa..gak tau jawanya sbelah mana.



http://cdn-u.kaskus.us/7/wtpelq8c.jpg

Monday, August 06, 2012

Indahnya Berdoa

SUBHANNALLAH
Sudah begitu lama, ingin agar harapan segera terwujud. Beberapa waktu terus menanti dan menanti, namun tak juga impian itu datang. Kadang jadi putus asa karena sudah seringkali memohon pada Allah. Sikap seorang muslim adalah tetap terus berdo’a karena Allah begitu dekat pada orang yang berdo’a. Boleh jadi terkabulnya do’a tersebut tertunda. Boleh jadi pula Allah mengganti permintaan tadi dengan yang lainnya dan pasti pilihan Allah adalah yang terbaik.
Ayat yang patut direnungkan adalah firman Allah Ta’ala,
وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)
Sebagian sahabat radhiyallahu ‘anhum berkata,
يَا رَسُولَ اللَّهِ رَبُّنَا قَرِيبٌ فَنُنَاجِيهِ ؟ أَوْ بَعِيدٌ فَنُنَادِيهِ ؟ فَأَنْزَلَ اللَّهُ هَذِهِ الْآيَةَ
“Wahai Rasulullah, apakah Rabb kami itu dekat sehingga kami cukup bersuara lirih ketika berdo’a ataukah Rabb kami itu jauh sehingga kami menyerunya dengan suara keras?” Lantas Allah Ta’ala menurunkan ayat di atas. (Majmu’ Al Fatawa, 35/370)
Abul ‘Abbas Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Kedekatan yang dimaksud dalam ayat ini adalah kedekatan Allah pada orang yang berdo’a (kedekatan yang sifatnya khusus).” (Majmu’ Al Fatawa, 5/247)
Perlu diketahui bahwa kedekatan Allah itu ada dua macam:
  1. Kedekatan Allah yang umum dengan ilmu-Nya, ini berlaku pada setiap makhluk.
  2. Kedekatan Allah yang khusus pada hamba-Nya dan seorang muslim yang berdo’a pada-Nya, yaitu Allah akan mengijabahi (mengabulkan) do’anya, menolongnya dan memberi taufik padanya. (Taisir Al Karimir Rahman, hal. 87)
Kedekatan Allah pada orang yang berdo’a adalah kedekatan yang khusus –pada macam yang kedua- (bukan kedekatan yang sifatnya umum pada setiap orang). Allah begitu dekat pada orang yang berdo’a dan yang beribadah pada-Nya. Sebagaimana disebutkan dalam hadits pula bahwa tempat yang paling dekat antara seorang hamba dengan Allah adalah ketika ia sujud. (Majmu’ Al Fatawa, 15/17)
Siapa saja yang berdo’a pada Allah dengan menghadirkan hati ketika berdo’a, menggunakan do’a yang ma’tsur (dituntunkan), menjauhi hal-hal yang dapat menghalangi terkabulnya do’a (seperti memakan makanan yang haram), maka niscaya Allah akan mengijabahi do’anya. Terkhusus lagi jika ia melakukan sebab-sebab terkabulnya do’a dengan tunduk pada perintah dan larangan Allah dengan perkataan dan perbuatan, juga disertai dengan mengimaninya. (Taisir Al Karimir Rahman, hal. 87)
Dengan mengetahui hal ini seharusnya seseorang tidak meninggalkan berdo’a pada Rabbnya yang tidak mungkin menyia-nyiakan do’a hamba-Nya. Pahamilah bahwa Allah benar-benar begitu dekat dengan orang yang berdo’a, artinya akan mudah mengabulkan do’a setiap hamba. Sehingga tidak pantas seorang hamba putus asa dari janji Allah yang Maha Mengabulkan setiap do’a.
Ingatlah pula bahwa do’a adalah sebab utama agar seseorang bisa meraih impian dan harapannya. Sehingga janganlah merasa putus asa dalam berdo’a. Ibnul Qoyyim rahimahullah berkata, “Do’a adalah sebab terkuat bagi seseorang agar bisa selamat dari hal yang tidak ia sukai dan sebab utama meraih hal yang diinginkan. Akan tetapi pengaruh do’a pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang do’anya berpengaruh begitu lemah karena sebab dirinya sendiri. Boleh jadi do’a itu adalah do’a yang tidak Allah sukai karena melampaui batas. Boleh jadi do’a tersebut berpengaruh lemah karena hati hamba tersebut yang lemah dan tidak menghadirkan hatinya kala berdo’a. … Boleh jadi pula karena adanya penghalang terkabulnya do’a dalam dirinya seperti makan makanan haram, noda dosa dalam hatinya, hati yang selalu lalai, nafsu syahwat yang menggejolak dan hati yang penuh kesia-siaan.” (Al Jawaabul Kaafi, hal. 21). 

Ingatlah hadits dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ
Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a.” (HR. Tirmidzi no. 3370, Ibnu Majah no. 3829, Ahmad 2/362. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Jika memahami hal ini, maka gunakanlah do’a pada Allah sebagai senjata untuk meraih harapan.
Penuh yakinlah bahwa Allah akan kabulkan setiap do’a. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لاَ يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لاَهٍ
Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai.” (HR. Tirmidzi no. 3479. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)
Lalu pahamilah bahwa ada beberapa jalan Allah kabulkan do’a. Dari Abu Sa’id, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ « اللَّهُ أَكْثَرُ »
Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: [1] Allah akan segera mengabulkan do’anya, [2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan [3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad 3/18. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanadnya jayyid). Boleh jadi Allah menunda mengabulkan do’a. Boleh jadi pula Allah mengganti keinginan kita dalam do’a dengan sesuatu yang Allah anggap lebih baik. Atau boleh jadi pula Allah akan mengganti dengan pahala di akhirat. Jadi do’a tidaklah sia-sia.
Ingatlah wejangan yang amat menyejukkan hati dari cucu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Al Hasan bin ‘Ali radhiyallahu ‘anhuma berkata,
من اتكل على حسن اختيار الله له، لم يتمن شيئا. وهذا حد الوقوف على الرضى بما تصرف به القضاء
Barangsiapa yang bersandar kepada baiknya pilihan Allah untuknya maka dia tidak akan mengangan-angankan sesuatu (selain keadaan yang Allah pilihkan untuknya). Inilah batasan (sikap) selalu ridha (menerima) semua ketentuan takdir dalam semua keadaan (yang Allah) berlakukan (bagi hamba-Nya)” (Lihat Siyaru A’laamin Nubalaa’ 3/262 dan Al Bidaayah wan Nihaayah 8/39). Pilihan Allah itulah yang terbaik.
Wallahu waliyyut taufiq.
 

Monday, July 30, 2012

Infak, Nafkah, Sedekah, Zakat dan yg berkaitan


  • 1. nafkah (nafqah-AR), infak (infaq-AR), berasal dari bahasa arab na-fa-qa yg artinya 'menghabiskan' atau 'mengeluarkan'

    2. jadi nafkah dlm arti harfiah adl 'pengeluaran' | segala jenis pengeluaran manusia, halal atau haram disebut dengan nafkah atau infak

    3. jadi bisa saja, seorang infak utk kebaikan dan infak utk keburukan | infak baik mis: sedekah, zakat - infak buruk mis: beli miras

    4. infak baik ini ada yg wajib, mis: spt zakat mal dan zakat fitrah, menghidupi keluarga | ada juga yg sunnah, mis: sedekah dan wakaf
    5. adapun zakat mal (zakat harta), ia wajib dikeluarkan Mukmin ketika telah terpenuhi: 1) syarat batas dan 2) syarat waktu
    6. 1) syarat batas zakat mal (nishab) adalah 20 dinar (1 dinar = 4,25 gr emas), setelah dikurangi hutang dan kewajiban lain
    7. 2) mengendap satu tahun (capai haul), yaitu bila harta yg kita miliki sudah mengendap selama 1 tahun

    8. Nabi bersabda, "bila engkau miliki 20 dinar emas, mencapai satu tahun, zakatnya 1/2 dinar (2,5%)” (HR Ahmad, Abu Dawud dan Al-Baihaqi)

    9. yang dizakati adl harta lancar (uang, tabungan, perhiasan yg disimpan), bukan aset (rumah, kendaraan, perhiasan yg dipakai dll)

    10. jadi ambil saja standar waktu tahunan, pas ramadhan misalnya, untuk keluarkan zakat | agar hitung nishab dan haulnya mudah

    11. misal, saya punya harta 1M (aamin hehe..) tahun lalu, tahun sekarang 2M (aamin hehe..), berarti keluarin tuh 2,5% x 2M sebagai zakat

    12. kepada siapa zakat mal ini diberikan? | hanya pada 8 golongan yg disebut Al-Qur'an dlm surah at-Taubah [9]:60


    13. yaitu pada 1) fakir 2) miskin 3) amil zakat, 4) mualaf, 5) (memerdekakan) budak, 6) yg berutang, 7) fii sabililah, 8) ibnu sabil
    14. fakir & miskin adl yg gak bisa penuhi kbthn dasar (sandang, pangan, papan, ksehatan, keamanan, pndidikan) | faqir lbh susah dr miskin
    15. amil zakat adl pengurus zakat, mualaf itu org yg baru masuk Islam dan perlu dibujuk (sy nggak lagi :D)
    16. fii sabilillah itu berjihad di jalan Allah, dan ibnu sabil itu orang yg sedang dalam perjalanan yg tujuannya baik yg memerlukan bekal
    17. bolehkah ortu terima zakat kl dia miskin? | nggak, karena ia tanggungan wajib anaknya, jd bukan dizakati, dikasih aja, wajib kok
    18. bolehkah sepupu/tante terima zakat? | boleh, karena dia nggak termasuk yg wajib ditanggung (yg wajib ditanggung: ortu, anak, istri)
    19. namun shahabat2 Rasul ternyata tidak terkenal dengan zakatnya :) | kenapa? karena uang mereka nggak pernah sampe batas layak zakat :D
    20. shahabat2 selalu abis uangnya untuk infak sunnah semisal sedekah dan wakaf | jadi sedekah dan wakaf sahabat yg lebih masyhur
    21. adapun sedekah adl infak sunnah, yg tak dibatasi | nggak dibatasi berapa, semaksimalnya aja, lihat kisah2 para shahabat dlm sedekah
    22. adapun wakaf adl sedekah yg nggak habis sekali pakai, mengalir terus pahalanya | mis: wakaf Al-Qur'an, wakaf tanah, wakaf sumur
    23. shahabat juga sangat terkenal dengan wakaf2nya, dan seolah sudah jadi sebuah gaya hidup mereka (lifestyle)
    24. zakat profesi? | sy adopsi bhw zakat adl ibadah mahdhah (ritual), yg harus apa adanya dalil (nash), krn itu nggak ada zakat profesi
    25. zakat bulanan? | sudah disampaikan bahwa zakat mal (zakat harta) itu tahunan, jadi hitungannya setahun sekali :)
    26. clear ya, kl belum baca lagi dari atas sampe bawah sini, kalo masi belum clear sila diskusi sama yg lebih paham :)

Monday, July 23, 2012

Puasa, Qadha Puasa & Fidyah

  • 1. puasa diwajibkan Allah kepada semua yg beriman | namun tentu saja, diantara kaum yg beriman ada yg mampu dan ada yg tidak mampu

    2. syariat menerangkan gol yg tak mampu adl 1) org sepuh lanjut usia yg susah puasa 2) org yg menderita sakit yg tak diharap sembuhnya

    3. org sakit yg tak diharap sembuhnya ini semisal sakit menahun, lambung bocor, kanker ganas, atau yg memang tak memungkinkannya puasa

    4. bagi kaum yg tak mampu puasa ini, maka Islam perintahkan mereka membayar fidyah (QS 2:184) | (yaitu) memberi makan seorang miskin

    5. fidyah ini berupa satu porsi makan (yg biasa kita makan) yg diberikan pada 1 org miskin, sebagai ganti 1 hari tak puasa

    6. misal puasa pd tahun itu 29 hari, maka berikan 29 porsi makan ke org miskin | 1 org miskin 29x boleh, atau 29 org miskin 1x makan boleh

    7. boleh pula memberi uang yang setara dengan itu | dan memberi fidyah ini dilakukan setelah bulan puasa berakhir, bukan sebelumnya

    8. ok, clear ya tentang fidyah ini | singkat cerita, fidyah ini hanya diberlakukan pada kaum beriman yang tak mampu menjalankan puasa

    9. nah, bagi yang beriman dan mampu untuk puasa, maka dia wajib menjalankan puasa pd bulan ramadhan, there's no doubt about it :)

    10. bila dia mampu puasa, namun batal puasa dan tak ada udzur (alasan) syar'i, misal: gauli istri saat siang hari, maka bayar kafarat

    11. kafaratnya: 1) memerdekakan budak, atau 2) puasa 2 bulan berturut, atau 3) bersedekah pada 60 fakir miskin | bertahap sesuai urutan
    12. maksudnya bila nggak mampu merdekakan budak, baru puasa 2 bulan berturut, kalo nggak mampu jg baru sedekah kepada 60 fakir miskin

    13. lalu, bagaimana jika batalnya karena ada udzur (alasan) syar'i? | maka baginya mengganti puasanya (qadha), dibayar di hari yg lain

    14. udzur syar'i yg boleh membatalkan puasa ini seperti musafir, haid, ibu hamil/menyusui, sakit temporer yg mengancam jiwa, dll.

    15. lebih jelasnya tentang pembatalan puasa, boleh lihat bagan ini :) http://t.co/TA6IiNQ3

    16. nah, khusus untuk ibu hamil atau menyusui, jumhur ulama, dan pendapat terkuat mewajibkan bumil/busui tetep qadha (ganti) puasanya.

    17. madzhab syafi'i tambahkan, bila bumil/busui tak puasa krn khawatirkan bayi | maka mereka jg wajib bayar fidyah selain wajib qadha puasa.

    18. bila bumil/busui tak puasa krn khawatirkan dirinya atau dirinya sekaligus bayi | maka madzhab syafi'i memandang cukup bayar qadha saja.

    19. bagaimana bila hutang puasa belum terbayar sampe ramadhan berikutnya? | maka tetep dihitung yg telah lalu, dan tetep harus di-qadha.

    20. tidak ada dalil, bahwa ketika hutang puasa belum terbayar sampai ramadhan kedepan, maka jadi 2x lipat | ok, kelir ya? :)

    21. namun, ulama bersepakat, bahwa lalainya seseorang bayar hutang puasanya sampai ramadhan berikutnya adl maksiat, jadi segera bayar ya :)

    22. lalu, bolehkah menggabung niat puasa sunnah dengan qadha puasa? | tidak boleh, karena satu niatnya wajib, satu niatnya sunnah.

    23. bila menggabung niat puasa sunnah, seperti shalat senin-kamis, digabung puasa sunnah syawal, maka ini dipersilahkan madzhab syafi'i.

    24. bagaimana bila lupa hutang puasa karena sudah tahunan yg lalu? | ya dikira-kira aja, dan di-qadha semuanya, karena itu hutang
    25. bolehkah bayar qadha puasa yg terlalu banyak dengan fidyah? | nggak ada dalilnya, jadi jangan coba-coba, kecuali bila ada dalilnya :)
     
  • felixsiauw

Monday, July 09, 2012

Keutamaan Sya'ban

  • felixsiauw
    by 




    1. alhamdulillah, bulan sya'ban sudah menjelang dan ramadhan telah dekat | apa amalan2 yg biasa Rasul lakukan di bulan sya'ban?

    2. dari Aisyah ra, “aku tak sekalipun melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali (pada) bulan Ramadan.

    3. dan aku tidak pernah melihat beliau (banyak berpuasa -ed) dalam suatu bulan kecuali bulan sya’ban..

    4. beliau saw berpuasa pada kebanyakan hari di bulan sya’ban” (HR Bukhari Muslim) | dlm lafadz hadits lain "hampir sebulan penuh"

    5. “ (sya'ban) adl bulan yg kebanyakan org lalaikannya yaitu antara rajab dan ramadhan, bulan yg di dalamnya diangkat amalan2 pd Allah..

    6..Tuhan seluruh alam. Maka aku ingin (ketika) amalanku diangkat, aku dalam keadaan berpuasa” (HR An-Nasai)

    7. jadi jelas bahwa di bulan sya'ban, Rasulullah mencontohkan ummatnya untuk banyak2 berpuasa | karena sya'ban adl bulan penuh keutamaan

    8. adapun amalan di nishfu sya'ban (pertengahan sya'ban) | maka ulama ramai bersepakat hadits2 tentangnya dhaif (lemah), bahkan palsu

    9. jadi pd nishfu sya'ban tidak perlu mengkhususkan shalat sekian rakaat, setiap rakaat membaca surat tertentu sebanyak sekian kali dll

    10. hanya saja, bagi yang tidak terbiasa berpuasa | nishfu sya'ban menjadi batas dimana ia mesti berhenti berpuasa sunnah di bln sya'ban

    11. Rasul bersabda, “jika tersisa separuh bulan sya’ban, janganlah berpuasa” (HR Tirmidzi)

    12. Rasul juga bersabda, “jika tersisa separuh bulan sya’ban, maka tahanlah diri dari berpuasa hingga datang bulan ramadhan” (HR Ahmad)

    13. namun bagi yg terbiasa berpuasa (mis: senin-kamis), maka boleh baginya lanjutkan puasa setelah nishfu sya'ban (pertengahan sya'ban)
    14. dalilnya, “janganlah mendahulukan ramadhan dengan sehari atau dua hari berpuasa” (HR Muslim) | artinya puasa sblm itu dibolehkan

    15. jadi kl mau bayar qadha puasa sampe 1-2 hari menjelang Ramadhan, tentu masih diperbolehkan
    16.ramaikan sya'ban dgn berpuasa | bila shalat sunnah sempurnakan shalat wajib, semoga puasa sunnah kita sempurnakan puasa wajib esok :)

Monday, July 02, 2012

Tak ada amalan khusus terkait dibulan Rajab

  • felixsiauwby : felixsiauw



    1. insyaAllah, berdasarkan info yg sy teliti, tgl 1 Rajab 2012 bertepatan dgn 22 Mei 2012 | semakin deket dengan Ramadhan, senang yaa :D


    2. dan sy juga teliti, bahwa tidak ada amalan khusus yg diperintahkan Nabi saw terkait bln Rajab | baik puasa, shalat, zakat atau apapun



    3. "tidak ada riwayat sahih tentang keutamaan Rajab, baik puasa sebulan penuh, puasa tanggal tertentu di bulan Rajab" (Ibnu Hajar)

    4. “tidak ada satu pun hadis sahih dari Nabi saw tentang keutamaan puasa bulan Rajab secara khusus" (Ibnu Rajab)

    5. namun bolehkah puasa di bulan Rajab? tentu bagus sekali | namun dalilnya adl dalil umum puasa saja, bukan yg khusus

    6. "berpuasalah pada bulan haram dan berbukalah (bila selesai bulan haram)" (HR Ahmad) | dan Rajab termasuk bulan haram :)

    7. diriwayatkan beberapa ulama salaf puasa di semua bulan haram, mis: Ibnu Umar, Hasan Al-Bashri, dan Abu Ishaq As-Subai’i

    8. jadi perbanyaklah ibadah menjelang Ramadhan, insyaAllah pasti dihitung | nggak perlu dengan dalil khusus di bulan Rajab :)

Monday, June 25, 2012

Miliki Jantung Sehat dengan Apel

Liputan6.com, Perth: Pepatah yang berbunyi satu apel sehari untuk menjauhkan dokter tidaklah asing di telinga kebanyakan orang. Bagaimana dengan satu apel sehari untuk jantung yang sehat
Sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah ahli dari Universitas Western, Australia, baru-baru ini, menemukan apel dapat meningkatkan produksi oksida nitrat (NO) dan fungsi endotel pada jantung. Oksida nitrat bekerja untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan dilatasi pembuluh darah, sehingga lebih banyak darah, oksigen dan nutrisi, dapat diangkut dari jantung ke seluruh tubuh.
Sedangkan endotel adalah lapisan tipis sel-sel yang melapisi bagian dalam pembuluh darah. Endotel mengurangi turbulensi aliran darah dan bertugas membantu distribusi darah ke seluruh tubuh. Kerusakan fungsi endotel akan menyebabkan berbagai masalah pada jantung seperti, jantung koroner juga gagal jantung. Dalam penelitian ini ditemukan apel dapat mencegah gagalnya fungsi endotel.
"Kandungan flavonoid pada apel dapat meningkatkan produksi oksida nitrat dan fungsi endotel pada jantung. Semakian tinggi kandungan flavonoidnya maka akan semakin besar efek baik yang dapat dirasakan tubuh dengan hanya mengonsumsi sebuah apel," kata pimpinan penelitian, Catherine Bondonno.(ANS/Zeenews)

Monday, June 18, 2012

Kacang bantu jantung jadi sehat

INILAH.COM, Jakarta - Kacang bagi sebagian kita dianggap sebagai teman menonton bola. Tapi tahukah Anda, pakar kesehatan menyebut kacang sebagai makanan super?

Kacang mengandung asam lemak tak jenuh dan berbagai nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan jantung.

Kacang kenari, almond, kacang hijau, kacang kulit, dsb, jenis-jenis kacang itu yang mempunyai nutrisi komplit pada setiap butirnya.

Tetapi sebenarnya tidak terlalu penting jenis kacang apa harus yang dikonsumsi, karena kandungan nutrisi dan lemak pada kacang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Berbagai penelitian menunjukkan orang yang rutin makan kacang-kacangan memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) rendah dalam darah. Kadar LDL yang tinggi itu yang menyebabkan risiko tinggi pada penyakit jantung. Oleh karena itu, kemampuan yang dimiliki kacang adalah peran penting untuk menurunkan LDL.

Selain mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung fatal, kacang juga meningkatkan kesehatan pembuluh arteri. Meskipun ada berbagai ragam dan jenis kacang, namun para ahli sepakat kacang pada dasarnya mengandung lima kandungan yang penting untuk jantung, seperti:

Asam Lemak Tak Jenuh

Kandungan lemak dalam kacang sangat baik, mulai dari asam lemak monounsaturated dan polyunsaturated yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat Anda.

Asam Lemak Omega-3

Kebanyakan kacang kaya akan asam lemak omega-3 yang efektif mencegah berbagai macam penyakit jantung. Selain pada kacang, yang kita ketahui bahwa omega-3 juga bisa didapatkan pada ikan.

L-arginine

Kacang juga kaya l-arginine, yaitu senyawa yang dapat membantu kesehatan dinding pembuluh darah. Senyawa ini membuat dinding pembulu darah lebih fleksibel dan tidak gampang tersumbat.

Serat

Seluruh jenis kacang-kacangan mengandung serat yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, serat juga akan membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak lagi makan berlebihan.

Sterol Tumbuhan

Sterol tumbuhan (plant sterol) adalah jenis senyawa organik yang efektif menurunkan kadar kolesterol. Biasanya senyawa ini ditambahkan pada berbagai produk seperti margarin untuk menambahkan manfaat kesehatan. [mor]