Follow Me

Thursday, January 10, 2008

Dosa yang Mendatangkan Bencana

Dosa yang Mendatangkan Bencana
Oleh: Syamsuri Rifai

Mari kita simak dan cermati untaian kalimat suci Ilahi melalui lisan suci Rasul-Nya dan para kekasih-Nya. Semoga untaian kalimat suci ini dapat menyadarkan kita, mengapa dilanda bencana?

Allah swt berfirman:
"Apa saja musibah yang menimpamu, itu karena perbuatan tanganmu sendiri, Allah memaafkan sebagian besar." (Asy-Syura/42: 30)

"Sesungguhnya Allah tidak akan pernah merubah kenikmatan yang dianugrahkan pada suatu umat sehingga mereka sendiri yang merubah apa yang ada pada diri mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui" (Al-Anfal/8: 53)

"Sesungguhnya Allah tidak akan pernah mengubah keadaan suatu umat sehingga mereka sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka. Jika Allah berkehendak suatu keburukan terhadap suatu umat, maka tidak akan ada seorang pun yang dapat menolaknya" (Ar-Ra'd/13: 11)

"Barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit..." (Thaha/20: 124)

"Jika sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka keberkahan dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka karena perbuatannya." (Al-A'raf/7: 96)

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata: "Jika kamu telah sampai ke tepi suatu nikmat, maka janganlah kamu membuat lari tepi yang lain karena kurangnya bersyukur." (Nahjul Balaghah, syarh Al-Faydh, hlm 1083)

Imam Ja'far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Allah tidak pernah memberikan suatu nikmat kepada hamba-Nya lalu Dia mencabutnya kembali sehingga dia melakukan suatu dosa yang mengharuskan Dia mencabut kenikmatan itu." (Al-Kafi 3: 376).

Renungan di Tahun Baru 1 Muharram 1429 H

No comments: