Follow Me

Monday, November 25, 2013

Penyebab Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT, makin banyak terjadi di sekitar Kita.. Apa Penyebab Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)?

Salah satu Penyebab tersering terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah karena di masa lalu, Orang tua Pelaku KDRT juga melakukan KDRT..

Kekerasan menimbulkan Luka mendalam bagi anak..

Luka mendalam yang sama juga timbul pada anak yang dibesarkan oleh keluarga yang menghadirkan Kekerasan dalam kehidupan sehari-harinya. Sayangnya, Adanya Luka Masa lalu itu, seringkali tidak tersembuhkan oleh waktu. Akibatnya, seringkali luka itu membusuk dan tanpa sadar malah merasuk ke alam bawah sadar si anak dimana keluarganya terjadi peristiwa KDRT

Bahayanya, ketika dewasa nanti, si anak dimana keluarganya terjadi peristiwa KDRT, akan menganggap peristiwa yang dilihatnya merupakan suatu kewajaran dalam berumah tangga. Akibatnya, Si anak laki-laki dimana keluarganya terjadi peristiwa KDRT -dimana sang ayah suka melakukan kekerasan pada ibunya-, akan melakukan Kekerasan yang sama pada saat sudah mempunyai keluarga sendiri, walaupun di masa lalu ia membenci tindakan yang dilakukan ayahnya..

Hal yang sebaliknya terjadi pada anak perempuan dimana keluarganya mengalami peristiwa KDRT. Si anak perempuan yang biasa melihat Ibunya disiksa oleh ayahnya, akan mengalami trauma psikologis yang membuatnya menjadi lebih mudah mengalami peristiwa KDRT oleh suaminya di masa depan..

Kenapa?

Karena Luka yang timbul akibat peristiwa Kekerasan Dalam Rumah Tangga yang dilihatnya, bila tidak disembuhkan akan merasuk ke alam bawah sadarnya..

Akibatnya, ketika memilih suami kelak, si anak perempuan dimana keluarganya ada peristiwa KDRT ,akan cenderung memilih suami yang kasar dan berpotensi memperlakukannya seperti ayahnya memperlakukan ibunya di masa silam. Karena tanpa sadar, perbuatan kekerasan sudah dianggapnya merupakan takdir dirinya sebagai seorang perempuan..

Ironis kan?

Karena itu, Bila pasangan Anda melakukan kekerasan -baik itu saat pacaran atau ketika sudah menikah, segeralah berpisah dan jauhkan diri serta anak Anda darinya..

Sebelum semuanya terlambat..dan hanya ada penyesalan..

Karena bukan hanya Anda yang menjadi Korban, anak Anda pun akan juga menjadi korban di masa depan..

Ada yang mengalami kisah serupa?

Oleh @dr_BramIrfanda

No comments: