Follow Me

Monday, October 01, 2012

TBC Bisa Menyebar Lho!


Mikobakterium Tuberkulosis sebagai kuman penyebab TBC selain bersarang dan merusak Paru-paru, ternyata juga bisa menyebar keluar paru ke bagian tubuh lainnya.Bila kuman TBC menyebar ke Otak, bisa terjadi Radang Otak atau radang selaput otak yang bisa menyebabkan cacat mental hingga kematian.

Kuman TBC bisa menyebar ke Tulang belakang (vertebra) dan menyebabkan radang di tulang belakang. Radang ini bila dibiarkan dan makin parah, bisa membuat tubuh bongkok. Si bongkok yang sering ada di film-film itu disebabkan oleh TBC tulang Belakang.
.
Bila kuman TBC menyebar ke usus, akan terjadi TBC usus. Nyeri perut, diare atau susah buang adalah berbagai gejala TBC usus yang sering disertai gejala TBC lainnya.

Kuman TBC juga bisa menyebar ke kelenjar limfa leher dan menyebabkan TBC kelenjar di leher. TBC kelenjar ini bila pecah, bisa menyebabkan kulit leher menjadi jelek karena banyak bekas luka.

Bila Kuman TBC menyebar ke Ginjal dan tidak mendapat pengobatan, dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Kuman TBC bisa merusak sel-sel penyaring kencing di ginjal, sehingga fungsi ginjal bisa menurun bahkan hilang.

TBC juga bisa menyebar ke selaput pembungkus Jantung. Adanya kuman TBC ini bisa membuat jantung diselimuti cairan, cairan ini bila menumpuk bisa membuat kerja jantung terganggu hingga bisa berakibat pada kematian.

Kuman TBC bisa menyebar ke hampir semua bagian tubuh manusia dan menyebabkan kerusakan disana. Karena itu, bila kita menjumpai orang dengan gejala TBC, segera minta yang bersangkutan untuk memeriksakan dirinya ke Rumah Sakit Pemerintah atau Puskesmas. Semua pengobatan TBC standar di Rumah sakit Pemerintah dan puskesmas itu GRATIS lho..

Semoga Selalu Sehat,
Ingin konsultasi tentang kesehatan dengan kami? Follow @dr_BramIrfanda on Twitter  
ingin menampilkan artikel ini di blog, note, atau milis anda? silakan…namun HARUS mencantumkan nama penulis dan juga link aktif berikut -> http://doktercare.com/tbc-bisa-menyebar-lho.html
*

No comments: