Follow Me

Monday, November 10, 2008

Motivasi yg salah untuk menikah

Sebuah survey menyebutkan 80% masalah keluarga yang timbul setelah pernikahan disebabkan karena masa pacaran yang tidak baik dan selama itu pula pasangan bagai menaruh bom waktu yang akan meledak ketika seorang melanjutkan pacarannya ke jenjang pernikahan. Makanya teliti, cermati serta pelajari pasangan Anda secara baik, agar Anda tidak kecewa.

Anda perlu tahu motivasi-motivasi salah yang terkadang terdapat dalam pikiran kita mengenai perkawinan yaitu:

1. Masalah usia
Sering kita menganggap kalau kita harus menikah di usia tertentu yang kita anggap sudah cukup. Hal ini salah karena Tuhan punya rencana untuk tiap mahluk-Nya berbeda-beda. Dan usia tiap orang untuk menikah berbeda-beda.Untuk itu hendaknya kita tidak menghakimi teman kita yang sering kali dianggap 'perawan tua' atau semacamnya.

2. Rasa kesepian
Jangan menikah bila kita belum menang dari rasa kesepian kita. Faktor ini terkadang terjadi pada kaum wanita. Dengan anggapan bahwa dirinya kesepian, maka ia akan menerima siapa saja yang tertarik dengannya.

3. Tekanan dari orang tua, atau teman
Ingatlah bahwa kita menikah karena rencana Tuhan, bukan atas dasar tekanan dari orang lain. Di saat kita menemukan calon, dan kita merasa sudah cocok, hati-hati...kita harus teliti lebih jauh tentang dirinya. Seperti cerita, sepasang muda-mudi yang merasa bahwa pasangannya itu baik dan segera akan menikah karena kebaikan pasangannya itu. Ingat! bahwa kita bukan mencari orang baik menurut kita tapi orang yang baik menurut Tuhan.

4. Materi
Seperti warisan, kekayaan, yang sifatnya tidak kekal dan hanya menjadikan manusia rakus harta. Berharaplah rejeki kepada Tuhanmu dan semua akan dilengkapkan untukmu.

5. Asmara dan ketertarikan jasmani
Ingatlah janganlah menginginkan kecantikannya ataupun kegantengannya dalam hatimu, janganlah terpikat oleh bulu matanya. Karena apabila kita sudah menjadi tua pun semua keindahan itu akan hilang.

6. Biologis
Ini dikhususkan untuk kaum pria. Janganlah menikah bila seorang pria belum menang dalam hal mengontrol hawa nafsu. Janganlah berpikir kalau menikah adalah alternatif lain bagi seorang pria daripada ia lari ke berbuat dosa. Menikahlah dengan niatan atau maksud baik.

7. Kuasa gelap
Janganlah kita sekali-kali memakai cara ini dalam menentukan pasangan hidup kita. Ingat apa yang ditabur itu yang akan dituai. Iblis mungkin akan memberikan kepada kita wanita yang sempurna, pria yang sempurna seperti yang kita idamkan, tapi ia akan memberikan kuitansi pada kita. Misalnya: perkawinanan Anda hanya 5 tahun, atau anak yang Anda lahirkan akan idiot, atau Anda harus mengalami sakit-penyakit, masalah dengan bisnis Anda, dan sebagainya.

Tapi kalau kita meminta pada Tuhan, Tuhan akan memberikan yang menurutnya terbaik untuk kita, malah Dia akan memberikan kedamaian dan kesejahteraan kepada keluarga kita selamanya, yang tidak akan dapat ditukar dengan uang seberapa besarnya pun. Waspada terhadap daya tarik kuasa gelap misalnya pada saat kita sangat berharap, kita ketakutan, kita ingin memiliki, kita sakit hati dan sebagainya.

Bagaimana dengan perbedaan yang ada? Semua perbedaan yang tidak mutlak, baik itu mengenai masalah usia, suku, ras, sosial, pendidikan, dapat diatasi dengan kedewasaan rohani. Pria pencemburu yang sering kali mengikat hubungan dengan pasangannya karena rasa tidak aman sampai pada tahap-tahap tertentu, jelas ia hanya berkeinginan memiliki atau menguasai dan bukan mencintai, karena mencintai tidak harus cemburu buta. Begitu juga wanita.

kalo kalian udah baca tanggapn kalian gimana...?? Apakah ada yang kena dihati kalian tentang hal yang ada diatas??? Hanya kalian yg tau jawaban itu sendiri dan hanya kalianlah yang bisa merubah cara pandang itu.

No comments: